Alexa Rank : 884,208 Naik Terus .. :P
Visitor : 400 - 800 / Hari .. :D
Pay :Rp.20.000.00 / Bulan, Via Pulsa IM3

SETEL SENDIRI KLEP SATRIA F150 agar mesin tidak berisik

Kali ini saya ingin berbagi ke Brow para FuHolic, Para penggemar Satria F 150, tentang bagaimana cara setel klep suzuki satria FU. Satria F150 atau biasa disebut juga Satria fu yang bermesin DOHC(Double Over-head Camshaft) yang artinya memiliki 4 buah klep (valve) yang dioperasikan langsung oleh noken as. Tapi Brow, Tau gak kalo motor ini tidak dilengkapi baut setelan klep seperti motor lainnya. Padahal setelan klep motor kan sangat penting untuk performanya. Terlalu rapat ataupun terlalu renggang bisa mempengaruhi akslerasi dan speednya. Untuk motor kebanyakan, setelah di skir maka setelan klep musti disesuaikan melalui baut setelan klepnya agar celah kerenggangannya terjaga. Ini harus dilakukan karena setelah di skir payung klep dan valve seat alias dudukan klep akan terkikis.  Ini juga yang mendasari beberapa mekanik mengharamkan  penyetelan klep pada satria f150. 

Sebenarnya skir klep untuk motor ini sah sah aja dilakuin asalkan setelah diskir celah kerenggangan disesuaikan lagi. Dan tentunya usahakan skir menggunakan pasta yang halus saja atau juga bisa menggunakan autosol sehingga ga banyak mengikis payung klep dan valve seat. Langsung aja gimana langkah-langkahnya...
  1. Buka tutup silinder head dengan cara membuka 4 buah baut ukuran L6 dibagian atas.
  2. Posisikan piston di TMA(Titik Mati Atas) tapi yang setelah klep in bekerja. Intip dari blok magnet.  hingga terlihat huruf T pada magnet. Ini menunjukkan piston sudah berada pada titik mati atas.
  3. Kalau udah, siapkan bilah feeler / fuler / feeler gauge yang akan berguna untuk mengukur kelebaran celahnya kemudian Sisipkan bilah feeler ke celah dibawah noken-as. dan ukur jarak kerengangannya.

  4. Normalnya untuk setelan klep satria f150 atau Satria FU adalah :0,10-0,20 mm untuk klep in  0.20-0.30 untuk klep ex.  Inget ukuran ini pada saat mesin dingin ya..
  5. Kalo ga sesuai tinggal lepas noken asnya dan lepas rumah untuk shim. Nah yang mempengaruhi celah klepnya adalah shim. bentuknya sangat kecil, seukuran pil gitu deh.

  6. Periksa angka yang tercetak pada shim. Ini menunjukkan ketebalan shim. Untuk meyakinkannya bisa ukur menggunakan micrometer. Makin tebal shim maka setelan klep makin rapat celahnya. Pilih shim yang sesuai.  Ada 21 ukuran shim dari ukuran 1.20 sampai 2.20 mm dengan interval 0,05 mm.

ContohKasus :
jika celah klep out 0.05 mm, padahal harusnya paling rapatnya 0.20 mm. Berarti celah kurang lebar 0.15mm atau shim terlampu tebal 0.15mm. Jika shim yang terpasang ukuran 1.80,  maka bisa diganti ukuran 0.15mm lebih tipis.= 1.80-0.15 = 1.65mm
Jika ingin Setelan klep 0.25mm, gunakan 1.60mm

Okey... semoga bermanfaat...


Related Post:

46 comments

10 Januari 2015 pukul 09.57

Thanks gan,,, saya belum mahir buat setel klep, besok di praktekan di bengkel Toko Online Aksesoris motor

4 Februari 2015 pukul 13.26

cara penyampaiannya sangat mengena sekali, jadi mudah dipahami

15 November 2015 pukul 19.34

Gan..shimx djual dbgkel biasa gak??atau harus ke dealer??

29 November 2015 pukul 06.31

tappet shim agak susah di cari, ke bengkel resmi aja, kalo ke bengkel biasa jarang ada,

25 Februari 2016 pukul 02.15

Kalau setel klep di deler resmi suzuki itu pasti bisa ga gan

28 Februari 2016 pukul 11.21

Di Bengkel Suzuki resmi aja Blm Tentu bsa,Itu lah kelemahan Satria.

28 Februari 2016 pukul 11.23

Di Bengkel Suzuki resmi aja Blm Tentu bsa,Itu lah kelemahan Satria.

2 Juli 2016 pukul 08.45

boss.. aku minta pendapat ni, motor saya terlalu berinsik, di bagian atas kop, tp rantai kecil dan stelan shim bagus... kira2 apa yah yg buat motor
saya jadi berinsik..

27 Agustus 2016 pukul 02.57

Coba stel transioner otomatisnya gan

1 September 2016 pukul 21.28

sip mantap panduannya mas bro, tks banget

30 September 2016 pukul 06.30

Maaf nih bukan sok tau gan , ane ngalamin , biasanya kalo shim+keteng+tensioner masih bagus semua , itu ada oblak antara poros noken as sama rumah noken as nya , diakali pake klaher dan harus dibubut buat kedudukan klaher nya , kalo emng aga mendingan , masih ada suara tiktik berarti disk kompresi itu suara wajar , kalo mau bener halus copot aja sekalian disk kompresi pada saat pengerjaan nya ...

30 September 2016 pukul 06.32

Maaf nih bukan sok tau gan , ane ngalamin , biasanya kalo shim+keteng+tensioner masih bagus semua , itu ada oblak antara poros noken as sama rumah noken as nya , diakali pake klaher dan harus dibubut buat kedudukan klaher nya , kalo emng aga mendingan , masih ada suara tiktik berarti disk kompresi itu suara wajar , kalo mau bener halus copot aja sekalian disk kompresi pada saat pengerjaan nya ...

3 Oktober 2016 pukul 04.08

Gan kalo satria fu klep nya tidak sesuai ukuran ciri ciri nya apa aja

3 Oktober 2016 pukul 04.09

Gan kalo satria fu klep nya tidak sesuai ukuran ciri ciri nya apa aja

11 Desember 2016 pukul 18.33

kl bunyi tik" apx ya gan?

11 Desember 2016 pukul 18.33

kl bunyi tik" apx ya gan?

26 Desember 2016 pukul 06.16

Keteng gan

12 Februari 2017 pukul 21.55

tks info nya .. saya mau coba !!

13 Februari 2017 pukul 07.11

Gan kalau mesin fu bunyi nglitik ketika mesin panas dibawa jalan itu apanya ya, trimakasi.

7 Maret 2017 pukul 08.14

Bos .tolong sebutkan nomer setandar sim satria f.. terus cara gantinti simnya bisanya nilai angkanya lebih besar apa lebih kecil..oiya nilai angksnya itu dri berpa sampe berspa . Trus semkin besarangka itu sekin tebal apmkin tipis ukurn simnya.

6 Juni 2017 pukul 08.30

Gan ane ke bengkel setel klep. Tpi udah bongkar pasang berkali kali tpi belum jadi juga. Itu kira kira masalahnya di apa ya.

11 Juni 2017 pukul 10.50

mau tanya master celeh kedua klep in atau ex harus imbang ga ?
misalkan in saya buat 20 kedua nya atau gmna yah ? thks

19 Juni 2017 pukul 07.24

makin tebel makin besar bos,klo motor udah di pake ukuran celah nya beda2,ukuran standart hanya berlaku untuk part starndart yang belum running

15 Agustus 2017 pukul 20.52

kalo shim nya udah hancur n gk keliatan angkanya gmana.. soale setelah saya bongkar ini kuku klep sampai lepas n bengkok klep nya.. ini saya mau ganti klep nya semua yg baru n ori.. trus untuk shim nya pake angka berapa yaa..??

22 Agustus 2017 pukul 10.17

Gan ane mau tanya,Kalau shimnya tebal bisa gak d amplas agar tipis sesuai ukurannya?

22 Agustus 2017 pukul 10.17

Gan ane mau tanya,Kalau shimnya tebal bisa gak d amplas agar tipis sesuai ukurannya?

11 Oktober 2017 pukul 07.05

Masalahnya mekaniknya lieur

11 Oktober 2017 pukul 07.06

Bisa gan

2 Desember 2017 pukul 00.43

Gan ane punya motor dibawa ke bengkel tp hbs ganti klep motor tdk bunyi" pada hal topnya udah sesuai

6 Desember 2017 pukul 09.43

Gan ane mau tanya nih , motor ane sebelum mati , pas masih nyala , itu mesin adem suara nya , jadi sebelum mati total itu gaada kendala , naah past mati ngedadak , ane bawa ke bengkel , katanya klep nya udah kena , terus udah ane ganti tuh semuanya , tapi pas udah nyala kenapa mesin motor ane ngeliktrik yah ?
Kata bengkel 1 , ketengnya yg kena , terus kata bengkel 2 , keteng ngga papa gaada masalah , yg harus di ganti sim nya , itu yg bener yg mana yah ?
Makasih sebelumnya

11 Januari 2018 pukul 16.18

Bermanfaat sekali setelah dibawa ke bengkel suzuki mekanik mngerti artikel ini stelan sudah pas mesin fu ku halus diputaran bawah jg atas Tanks gan

16 Januari 2018 pukul 06.18

Sama,nyimak aja dulu

2 Februari 2018 pukul 19.07

Satria Fu saya klep sudah bener kok masih bunyi waktu di gas lansam nya ga bunyi

Anonim
20 Februari 2018 pukul 00.03

Coba kasi tau gan. Sim in no ny brapa sim ex no ny brapa..

Anonim
20 Februari 2018 pukul 00.03

Coba kasi tau gan. Sim in no ny brapa sim ex no ny brapa..

12 April 2018 pukul 09.35

kalau nhelitik saat panas itu
suara rantai keteng
karna saat panas oli mesin menjadi cair jadi rantai kurang kena oli yang kental

cara mengatasi nya
otomatis rantai temeng nya di buat pakai baut langsung tanya aja orang bengkel pasti tau

3 November 2018 pukul 18.04

Ane Ada fariasi ukurannya bisa di order 082213311881

4 Februari 2019 pukul 08.33

Keteng masih bagus noken as bagus trus masih tik tik kecepatan suara mengikuti putaran mesin

4 Februari 2019 pukul 08.36

Kasus sama nyimak dulu

4 Februari 2019 pukul 08.37

Kasus sama nyimak dulu

4 Februari 2019 pukul 08.37

Keteng masih bagus noken as bagus trus masih tik tik kecepatan suara mengikuti putaran mesin

7 Maret 2019 pukul 16.22

Bolehh gan di orderr

10 Juli 2019 pukul 05.00

Lokasi

24 November 2019 pukul 06.41

Kalo kasus saya top nya udah bener
Tapi waktu di selah2 kok bahan bakar nyembur nya banyak sampe ga hidup
Padahal udah di bikin irit.. kira2 apa sim nya yg kebalik yaa ? Makasih

6 Desember 2019 pukul 05.46

Cara cari tma / top pada agnet yg sudah dibubut gimana bang.. Susah bgt ni

6 Mei 2020 pukul 12.04

nglitik di Rpm tengah itu apa nya ya ,di gas sampe 10rb rpm ga kedenger pas lepas gas nglitik parah apa penyebab nya ya

Posting Komentar - Back to Content

[ Members VIP ]