Kali ini saya ingin berbagi ke Brow
para FuHolic, Para penggemar Satria F 150, tentang bagaimana cara setel
klep suzuki satria FU. Satria F150 atau biasa disebut juga Satria fu
yang bermesin DOHC(Double Over-head Camshaft) yang artinya memiliki 4 buah klep (valve)
yang dioperasikan langsung oleh noken as. Tapi Brow, Tau gak kalo
motor ini tidak dilengkapi baut setelan klep seperti motor lainnya.
Padahal setelan klep motor kan sangat penting untuk performanya. Terlalu
rapat ataupun terlalu renggang bisa mempengaruhi akslerasi dan
speednya. Untuk motor kebanyakan, setelah di skir maka setelan klep
musti disesuaikan melalui baut setelan klepnya agar celah
kerenggangannya terjaga. Ini harus dilakukan karena setelah di skir
payung klep dan valve seat alias dudukan klep akan terkikis. Ini juga
yang mendasari beberapa mekanik mengharamkan penyetelan klep pada
satria f150.
Sebenarnya skir klep untuk motor
ini sah sah aja dilakuin asalkan setelah diskir celah kerenggangan
disesuaikan lagi. Dan tentunya usahakan skir menggunakan pasta yang
halus saja atau juga bisa menggunakan autosol sehingga ga banyak
mengikis payung klep dan valve seat. Langsung aja gimana langkah-langkahnya...
- Buka tutup silinder head dengan cara membuka 4 buah baut ukuran L6 dibagian atas.
- Posisikan piston di TMA(Titik Mati Atas) tapi yang setelah klep in
bekerja. Intip dari blok magnet. hingga terlihat huruf T pada magnet.
Ini menunjukkan piston sudah berada pada titik mati atas.
- Kalau udah, siapkan bilah feeler / fuler / feeler gauge yang akan berguna untuk mengukur kelebaran celahnya kemudian Sisipkan bilah feeler ke celah dibawah noken-as. dan ukur jarak kerengangannya.
- Normalnya untuk setelan klep satria f150 atau Satria FU adalah :0,10-0,20 mm untuk klep in 0.20-0.30 untuk klep ex. Inget ukuran ini pada saat mesin dingin ya..
- Kalo ga sesuai tinggal lepas noken asnya dan lepas rumah untuk shim.
Nah yang mempengaruhi celah klepnya adalah shim. bentuknya sangat
kecil, seukuran pil gitu deh.
- Periksa angka yang tercetak pada shim. Ini menunjukkan ketebalan shim. Untuk meyakinkannya bisa ukur menggunakan micrometer. Makin tebal shim maka setelan klep makin rapat celahnya. Pilih shim yang sesuai. Ada 21 ukuran shim dari ukuran 1.20 sampai 2.20 mm dengan interval 0,05 mm.
ContohKasus :
jika
celah klep out 0.05 mm, padahal harusnya paling rapatnya 0.20 mm.
Berarti celah kurang lebar 0.15mm atau shim terlampu tebal 0.15mm. Jika
shim yang terpasang ukuran 1.80, maka bisa diganti ukuran 0.15mm lebih
tipis.= 1.80-0.15 = 1.65mm
Jika ingin Setelan klep 0.25mm, gunakan 1.60mm
Okey... semoga bermanfaat...
46 comments
Thanks gan,,, saya belum mahir buat setel klep, besok di praktekan di bengkel Toko Online Aksesoris motor
cara penyampaiannya sangat mengena sekali, jadi mudah dipahami
Gan..shimx djual dbgkel biasa gak??atau harus ke dealer??
tappet shim agak susah di cari, ke bengkel resmi aja, kalo ke bengkel biasa jarang ada,
Kalau setel klep di deler resmi suzuki itu pasti bisa ga gan
Di Bengkel Suzuki resmi aja Blm Tentu bsa,Itu lah kelemahan Satria.
Di Bengkel Suzuki resmi aja Blm Tentu bsa,Itu lah kelemahan Satria.
boss.. aku minta pendapat ni, motor saya terlalu berinsik, di bagian atas kop, tp rantai kecil dan stelan shim bagus... kira2 apa yah yg buat motor
saya jadi berinsik..
Coba stel transioner otomatisnya gan
sip mantap panduannya mas bro, tks banget
Maaf nih bukan sok tau gan , ane ngalamin , biasanya kalo shim+keteng+tensioner masih bagus semua , itu ada oblak antara poros noken as sama rumah noken as nya , diakali pake klaher dan harus dibubut buat kedudukan klaher nya , kalo emng aga mendingan , masih ada suara tiktik berarti disk kompresi itu suara wajar , kalo mau bener halus copot aja sekalian disk kompresi pada saat pengerjaan nya ...
Maaf nih bukan sok tau gan , ane ngalamin , biasanya kalo shim+keteng+tensioner masih bagus semua , itu ada oblak antara poros noken as sama rumah noken as nya , diakali pake klaher dan harus dibubut buat kedudukan klaher nya , kalo emng aga mendingan , masih ada suara tiktik berarti disk kompresi itu suara wajar , kalo mau bener halus copot aja sekalian disk kompresi pada saat pengerjaan nya ...
Gan kalo satria fu klep nya tidak sesuai ukuran ciri ciri nya apa aja
Gan kalo satria fu klep nya tidak sesuai ukuran ciri ciri nya apa aja
kl bunyi tik" apx ya gan?
kl bunyi tik" apx ya gan?
Keteng gan
tks info nya .. saya mau coba !!
Gan kalau mesin fu bunyi nglitik ketika mesin panas dibawa jalan itu apanya ya, trimakasi.
Bos .tolong sebutkan nomer setandar sim satria f.. terus cara gantinti simnya bisanya nilai angkanya lebih besar apa lebih kecil..oiya nilai angksnya itu dri berpa sampe berspa . Trus semkin besarangka itu sekin tebal apmkin tipis ukurn simnya.
Gan ane ke bengkel setel klep. Tpi udah bongkar pasang berkali kali tpi belum jadi juga. Itu kira kira masalahnya di apa ya.
mau tanya master celeh kedua klep in atau ex harus imbang ga ?
misalkan in saya buat 20 kedua nya atau gmna yah ? thks
makin tebel makin besar bos,klo motor udah di pake ukuran celah nya beda2,ukuran standart hanya berlaku untuk part starndart yang belum running
kalo shim nya udah hancur n gk keliatan angkanya gmana.. soale setelah saya bongkar ini kuku klep sampai lepas n bengkok klep nya.. ini saya mau ganti klep nya semua yg baru n ori.. trus untuk shim nya pake angka berapa yaa..??
Gan ane mau tanya,Kalau shimnya tebal bisa gak d amplas agar tipis sesuai ukurannya?
Gan ane mau tanya,Kalau shimnya tebal bisa gak d amplas agar tipis sesuai ukurannya?
Masalahnya mekaniknya lieur
Bisa gan
Gan ane punya motor dibawa ke bengkel tp hbs ganti klep motor tdk bunyi" pada hal topnya udah sesuai
Gan ane mau tanya nih , motor ane sebelum mati , pas masih nyala , itu mesin adem suara nya , jadi sebelum mati total itu gaada kendala , naah past mati ngedadak , ane bawa ke bengkel , katanya klep nya udah kena , terus udah ane ganti tuh semuanya , tapi pas udah nyala kenapa mesin motor ane ngeliktrik yah ?
Kata bengkel 1 , ketengnya yg kena , terus kata bengkel 2 , keteng ngga papa gaada masalah , yg harus di ganti sim nya , itu yg bener yg mana yah ?
Makasih sebelumnya
Bermanfaat sekali setelah dibawa ke bengkel suzuki mekanik mngerti artikel ini stelan sudah pas mesin fu ku halus diputaran bawah jg atas Tanks gan
Sama,nyimak aja dulu
Satria Fu saya klep sudah bener kok masih bunyi waktu di gas lansam nya ga bunyi
Coba kasi tau gan. Sim in no ny brapa sim ex no ny brapa..
Coba kasi tau gan. Sim in no ny brapa sim ex no ny brapa..
kalau nhelitik saat panas itu
suara rantai keteng
karna saat panas oli mesin menjadi cair jadi rantai kurang kena oli yang kental
cara mengatasi nya
otomatis rantai temeng nya di buat pakai baut langsung tanya aja orang bengkel pasti tau
Ane Ada fariasi ukurannya bisa di order 082213311881
Keteng masih bagus noken as bagus trus masih tik tik kecepatan suara mengikuti putaran mesin
Kasus sama nyimak dulu
Kasus sama nyimak dulu
Keteng masih bagus noken as bagus trus masih tik tik kecepatan suara mengikuti putaran mesin
Bolehh gan di orderr
Lokasi
Kalo kasus saya top nya udah bener
Tapi waktu di selah2 kok bahan bakar nyembur nya banyak sampe ga hidup
Padahal udah di bikin irit.. kira2 apa sim nya yg kebalik yaa ? Makasih
Cara cari tma / top pada agnet yg sudah dibubut gimana bang.. Susah bgt ni
nglitik di Rpm tengah itu apa nya ya ,di gas sampe 10rb rpm ga kedenger pas lepas gas nglitik parah apa penyebab nya ya
Posting Komentar - Back to Content